Cara Mencari Chanel TV Tabung Yang Hilang

2 min read

cara mencari chanel tv tabung

Banyak yang mengeluhkan channel TV tabung mereka tiba-tiba hilang. Hal semacam ini biasanya karena channel ganti secara otomatis dari pihak stasiunnya sehingga perlu memprogram ulang semua channel yang ada. Cara mencari chanel tv tabung sendiri cukup mudah, kalian bisa melakukannya sendiri melalui remote atau bisa juga tanpa remote.

Cara Mencari Chanel TV Tabung

Beberapa merk TV tabung seperti halnya TV Polytron, LG, Sharp, Toshiba Bomba, Samsung, maupun TV China yang banyak beredar di pasaran umumnya memiliki sistem yang tidak terlalu jauh berbeda. Karena itu, untuk memprogram ulang channelnya pun sama saja. Berikut rincian informasinya!

Cara Mencari Chanel TV Tabung secara Cepat

Perlu kalian tahu, cara mencari chanel tv yang hilang ini kami khususkan untuk TV tabung tipe analog pada kebanyakan TV.

Jika TV kalian sudah menggunakan siaran digital yang tersambung menggunakan STB (Set Top Box), maka untuk memprogramnya ialah harus dari masing-masing Set Top Box tersebut. Berikut rinciannya:

a. Cara Mencari Chanel TV Tabung Tanpa Remote

Jika kalian tidak punya remote, maka tenang saja! Untuk mencari chanel TV tabung yang hilang kalian bisa kok menggunakan tombol manual yang ada di TV. Berikut langkah-langkahnya:

  • Tekan Tombol Menu

Klik tombol “menu” pada TV tabung kalian yang biasanya berada di samping kanan TV atau dibagian depan bagian bawah TV tersebut.

Dibawah tombol tersebut biasanya ada nama masing-masing tombolnya mulai dari TV/AV, menu, Volume Up, Vol Down, Channel up dan channel down. Silakan klik tombol “Menu” tersebut.

  • Pilih Menu Pengaturan

Setelah masuk ke bagian menu, sekarang cobalah untuk menggesernya ke menu “Pengaturan” yang umumnya terletak di bagian paling tengah.

Untuk menggesernya pilihan, silakan gunakan tombol volume up dan volume down yang ada di TV kalian masing-masing. Jika tidak bisa, coba untuk menggunakan tombol channel up dan channel down.

  • Klik Opsi Pencarian Manual / Otomatis

Pada menu pengaturan, terdapat beberapa pilihan yang dapat kalian temui salah satunya ialah menu “pencarian manual” dan “pencarian otomatis”.

Silakan gunakan pencarian otomatis saja untuk memprogram ulang seluruh channel yang ada. Namun jika ingin mencari program yang hilang secara spesifik, maka bisa mencarinya melalui fitur pencarian manual.

Baca Juga :

  • Tunggu Sistem Melakukan Pelacakan

Setelah memilih opsi pencarian, selanjutnya biarkan sistem melakukan pelacakan sesuai dengan metode pencarian yang kalian pilih sebelumnya.

judul gambar

Prosesnya biasanya tergantung jenis antena yang digunakan serta dari booster antena yang tersambung dengan TV. Semakin bagus menangkap sinyal maka prosesnya semakin cepat.

b. Cara Mencari Siaran TV Antena dengan Remote

Mencari siaran TV dengan remote tidak jauh berbeda dengan tanpa remote. Berikut cara mencari chanel tv tabung toshiba bomba dan polytron melalui remote:

  • Klik Tombol Menu pada Remote

Klik tombol “menu” pada remote TV tabung kalian masing-masing. Tombol menu biasanya berada di sebelah kiri atas di bawah tombol power.

Namun sebagian merk TV menyematkan tombol menu di tengah-tengah tombol volume up down dan channel up down.

  • Tekan Menu Pengaturan

Sama seperti metode tanpa remote, kalian harus memilih menu “Pengaturan” begitu sudah masuk ke tampilan awal menu.

Gunakanlah tombol left right yang ada di remote TV kalian masing-masing untuk mengganti menu ke opsi pengaturan.

  • Klik Opsi Pencarian Manual atau Otomatis

Selanjutnya, silakan klik tombol “pencarian manual” atau “pencarian otomatis” untuk memulai pencarian channel TV yang hilang.

Pencarian otomatis dimaksudkan untuk melakukan pencarian channel TV secara menyeluruh. Sementara untuk pencarian manual, kita harus mencarinya satu per satu sehingga dapat mengidentifikasi terkait channel yang hilang.

  • Tunggu Proses Pencarian Channel

Terakhir, silakan tunggu pencarian channel selama beberapa menit sampai chanel yang hilang tadi ketemu.

Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pencarian channel secara otomatis biasanya selama satu sampai tiga menit. Sementara untuk pencarian tipe manual hanya butuh waktu beberapa detik.

Channel yang Hilang Masih Belum Ketemu?

Jika channel yang kalian cari masih tidak ketemu juga maka ada 2 kemungkinan, berikut diantaranya:

  • Channel sudah dihapus: channel yang dipilih sudah hilang dari kota kalian karena pihak stasiun TV sudah menghapusnya atau memindahkan area jangkauannya sehingga lokasi kalian tidak terjangkau sinyal stasiun TV tersebut.
  • Pindah ke siaran digital: chanel yang tidak dapat ditemukan walau sudah menggunakan pencarian otomatis / manual maka bisa jadi karena channel tersebut tidak mendukung jaringan analog akibat sudah migrasi ke jaringan digital.

Baca Juga :

Semoga informasi yang kami berikan seputar cara mencari chanel tv tabung di atas dapat bermanfaat bagi kalian semua. Sampai jumpa di artikel yang akan datang!

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.