Cara Setting Kode Remote AC Changhong Joker

1 min read

kode remote ac changhong

Saat ini, banyak sekali produsen elektronik yang menawarkan produk AC unggulan mereka. Walaupun produk AC yang mereka jual rata-rata awet, namun tidak dengan remotnya. Karena sering terjatuh, tertindih, terkena benturan, atau terkena tumpahan minuman tentu membuatnya mudah rusak.

Kode remote AC Changhong

Sayangnya tiap produsen tersebut tidak menawarkan remote terpisah sehingga kita perlu membeli remote universal seperti remote AC Changhong. Untuk itu, di kesempatan kali ini kami ingin berbagi beberapa informasi seputar kode remote AC Changhong beserta cara settingnya.

Baca Dulu : Kode Remote AC Polytron 

Tentang Remote AC Changhong

Remote AC Changhong merupakan remote AC universal yang dapat digunakan oleh hampir semua merek AC yang di pasarkan di Indonesia, termasuk AC Changhong. Di bandingkan dengan remote bawaan, remote universal juga menawarkan kualitas yang tak kalah bagus dan daya pakai yang lebih panjang.

Saat pertama kali membeli remote AC Changhong, maka kalian tidak akan bisa langsung menggunakannya secara langsung. Namun harus menyetelnya terlebih dahulu menggunakan kode remot yang berbeda-beda tiap tipe AC.

Saat ini, kebanyakan remote universal  seperti halnya remote AC Changhong masih menggunakan teknologi IR (infra red) yang mengandalkan gelombang infra merah untuk memancarkan transmisi sinyal ke receiver IR pada AC.

Nah, sinyal IR ini tidak akan bekerja tanpa adanya kecocokan kode antara transmitter pada remot dan receiver pada AC. Karena itulah remote AC universal membutuhkan kode yang digunakan untuk mencocokkan sistem remote agar dapat tersambung antara keduanya.

Kode Remote AC Changhong

Sebenarnya, kalian dapat mengetahui kode remote AC Changhong joker dengan cara melihat buku panduan manual yang didapatkan saat kalian membelinya. Namun, jika buku panduan tersebut telah hilang atau rusak, silakan gunakan kode berikut ini:

Jenis Kode Remot Kode Remote AC Changhong
Kode Remot Universal Utama 059, 947, 079, 934
Kode Remot Universal Seri 0 071, 073, 086, 051, 052, 087, 088, 089, 091, 092, 058, 067, 093, 008, 010, 011, 014, 016, 026, 028, 053, 057
Kode Remot Universal Seri 1 159, 162, 181, 100, 102, 104, 128, 184, 182, 183,

Keterangan:

judul gambar
  • Remot universal untuk AC Changhong hanya mendukung 3 digit angka tidak seperti kode remot lain yang mendukung hingga 5 angka.
  • Kode 3 digit tersebut harus digunakan pada saat sinkronisasi pola frekuensi remote untuk pertama kalinya. Untuk seterusnya tidak perlu diintegrasikan ulang.
  • Gunakan terlebih dahulu kode remot utama sebelum menggunakan seri 0 dan seri 1. Kedua kode tersebut hanya digunakan jika kode utama gagal.

Baca Juga :

Cara Setting Remote AC Changhong

Cara Setting Remote AC Changhong

Berikut langkah-langkah memasukan kode remote AC Chunghong untuk melakukan pairing antara remot dan AC secara tepat dan aman:

  • Hidupkan terlebih dahulu AC yang akan dilakukan pairing terhadap remote universal kalian. Untuk menghidupkannya, kalian bisa menggunakan tombol manual terlebih dahulu sementara remote belum aktif.
  • Pastikan remote sudah terisi baterai, setelah itu nyalakan remot AC dengan cara menekan tombol power hingga indikator temperatur muncul pada layar remote.
  • Tekan tombol “SET” sambil menahannya selama beberapa detik hingga muncul angka “000” pada layar remotenya berkedip-kedip.
  • Karena tidak ada kode nomornya seperti pada remote TV, maka kita gunakan tombol temp plus (+) dan temp min (-) untuk mengatur nomor kode AC.
  • Contohnya untuk kode AC 079, maka kita cukup klik tombol plus dan minus hingga sampai pada angka tersebut.
  • Jika kode cocok, maka remote akan berbunyi “bip”. Setelah itu klik tombol OK untuk mengunci kode tersebut.

Ketahui :

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan seputar kode remote AC Changhong beserta cara settingnya. Semoga bermanfaat!

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.