Bagaimana Cara Memperbaiki TV LED Polytron Tidak Ada Suara?

2 min read

cara memperbaiki tv polytron tidak ada suara

Dalam artikel Hometronik kali ini admin akan membahas penyebab TV Polytron tidak ada suara dan cara memperbaikinya. Dengan begitu maka kita dapat mengembalikan suara TV Polytron yang hilang dan bisa normal kembali. Buat kalian semua yang sedang mengalami masalah suara TV, artikel ini mungkin bisa bermanfaat.

Cara Memperbaiki TV Polytron Tidak Ada Suara

Semua akan di bahas dengan tuntas cara memperbaiki TV Polytron Tidak Ada Suara. TV Polytron ini termasuk TV sejuta umat, pasalnya begitu banyaknya pengguna merk TV ini di Indonesia. Tidak hanya karena memiliki harganya yang relatif  terjangkau, namun juga kualitas yang ditawarkan pun sangat baik terutama pada teknologi audionya.

Kita semuanya sudah tahu, jika kualitas suara yang dihasilkan oleh TV merk Polytron cukup baik dengan suara bass yang empuk. Salah satu jenis kerusakan yang terjadi pada TV Polytron yaitu tidak ada suara. Pemilik tidak bisa mendengar ada suara sama sekali pada speakernya bahkan suara noise pun tidak ada. Hal ini ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan kerusakan suara pada TV Polytron ini.

Baca Juga : Kode Remot  TV Philips

Yuk intip apa saja yang menyebabkan kenapa TV tidak ada suaranya

Kenapa TV tidak ada suaranya ?

1. Kerusakan pada program televisi.

Sebagai langkah awal pada saat anda mengatasi kerusakan audio TV Polytron, anda bisa mengecek dulu settingan pabrik pada bagian suara. Disini anda harus masuk ke menu factory TV Polytron untuk bisa melihat data settingan pabrik dari TV ini. Pada saat terjadi perubahan pada settingan audio di data service factory, anda harus mengubahnya sehingga sesuai dengan data pabrik.

Di temukan dalam jenis TV led kerusakan suara yang disebabkan karena settingan program. Yang mana semuanya tidak benar bisa diatasi dengan melakukan flash atau instal ulang program. Anda disini harus mencari software program yang sesuai dengan tipe dan seri mesin TV yang digunakan.

judul gambar

Agar anda mendapatkannya dapat googling di internet atau di forum forum elektronika. Namun sebelum hal itu di putuskan oleh anda semua. Maka langkah dalam memutuskan untuk melakukan instal ulang, mungkin lebih baik anda bisa setting ulang dulu TV Polytron anda agar sesuai dengan pengaturan dari pabriknya. Namun bila tidak berhasil, mungkin anda dapat Mempertimbangkan untuk instal ulang programnya.

Ketahui :

2. Transistor mute mati pada TV

Transistor mute pada TV Polytron disini memiliki fungsi untuk mematikan input audio untuk amplifier TV ketika tidak ada siaran. Hal ini tentu saja sangat berguna agar TV tidak mengeluarkan suara noise yang mengganggu ketika TV tidak menangkap siaran. Terutama pada saat sedang mencari gelombang siaran televisi.

Cabut transistor mute terlebih dahulu dan periksa apakah masih dalam kondisi baik atau tidak. Bila semuanya sudah terukur sudah tidak normal atau short, harus diganti dengan yang baru.

3. Power amplifier tidak bekerja semestinya dan Bagaimana cara mengatasi TV yang tidak mengeluarkan suara?

Dalam memeriksa apakah blok power amplifier bekerja atau tidak, anda Disini dapat coba memberikan input dengan menyentuh bagian pin input ic amplifier. Sentuh terlebih dahulu ujung obeng ke pin input ic sambil memperhatikan apakah ada suara yang terdengar di speaker. Bila anda menemukan bunyi pada speaker ketika pin input disentuh, maka ic sudah bisa bekerja. Di pastikan jika kerusakan terjadi pada bagian sebelum ic power amplifier.

Ketahui :

Bila tidak ada suara saat di sentuh pin inputnya, disini bisa dipastikan blok audio tidak bekerja. Maka dari itu anda pastikan  dapat menghubungkan jalur input sebelum pin input ic audio ke amplifier eksternal seperti misalnya speaker aktif. Jika ternyata ada suara normal dalam televisi tersebut berarti penyebab kerusakan TV tidak ada suara tersebut karena blok amplifier tidak bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text