Cara Menyambung Lampu LED Strip Selang yang Putus ke Listrik

1 min read

cara menyambung lampu led ke listrik

Cara menyambung lampu LED ke listrik dibutuhkan ketika kita akan memanfaatkan lampu LED untuk keperluan tertentu. Informasi mengenai cara penyambungan tersebut dapat kita temukan dengan mudah di dunia maya. Banyak blog yang menjelaskan mengenai cara menyambung lampu LED strip selang beserta dengan peralatan apa saja yang dibutuhkan.

Dunia maya juga menyajikan informasi mengenai cara menyambung kabel lampu LED strip dan penjelasan menyeluruh tentang cara menyambung lampu LED yang putus. Kesemua informasi tersebut dapat kita peroleh secara gratis hanya dengan mengandalkan jaringan internet.

cara menyambung lampu led ke listrik

Cara Menyambung Lampu LED Strip Selang

cara menyambung lampu led strip selang
Cara menyambung lampu led strip selang

Cara menyambung kabel lampu LED strip ke listrik dapat kita lakukan setelah memahami petunjuk yang ada pada box lampu LED. Langkah ini dilakukan karena LED strip yang ada saat ini dibagi menjadi dua jenis, yakni LED strip yang memanfaatkan adaptor dan LED strip tanpa menggunakan adaptor. LED strip yang berasal dari merk ternama biasanya telah dilengkapi dengan adaptor. Tipe lampu LED ini sangat dengan mudah dipasang. Kita hanya perlu menyambungkan LED ke adaptor dan dilanjutkan dengan mengcoloknya ke saklar.

cara menyambung lampu led strip selang

Baca Juga : Kode Remot TV LG LCD

Cara menyambung lampu LED ke listrik tanpa adaptor membuat kita harus melakukan sambungan ke listrik secara pribadi. Untuk menyambungkan lampu LED tersebut ke sumber listrik, ada beberapa hal yang perlu untuk dilalukan. Berikut penjelasannya:

  1. Menyiapkan LED strip
  2. Menyiapkan power supply
  3. Menyiapkan kabel
  4. Menyiapkan steker listrik
  5. Merangkai semua komponen yang telah disiapkan
cara menyambung kabel lampu led strip
Cara menyambung kabel lampu led strip

Cara menyambung kabel lampu LED strip dapat dilakukan dengan benar jika menggunakan power supply sebagai driver lampu LED. Besaran ampere dan voltase tergantung pada jenis LED strip. Besar voltase minimum yang umum digunakan adalah 12v. Untuk kabelnya sendiri, ada dua jenis kabel yang dapat digunakan seperti:

judul gambar
  1. Kabel berisi 2 untuk menghubungkan LED strip pada power supply dengan ukuran kecil.
  2. Kabel isi dua berukuran besar untuk menyambungkan power supply pada steker listrik.
cara menyambung lampu led yang putus
Cara menyambung lampu led yang putus berhasil

Baca Juga : Cara Memasang Lampu LED Pada Saklar On Off

Cara Menyambung Lampu LED yang Putus

cara menyambung lampu led

Cara menyambung kabel lampu LED strip yang putus dapat dilakukan dengan menyambungkan komponen kabel, steker dan power supply dengan lampu LED strip. Pertama-tama, kita dapat menyambungkan lampu LED dengan power supply. Lampu LED dengan muatan positif dapat disambungkan dengan power supply kutub positif. LED strip kutub negatif dapat disambungkan dengan kutub negatif yang ada pada power supply. Proses penghubungan power supply dan lampu LED dilakukan dengan menggunakan kabel yang telah disiapkan sebelumnya.

Cara menyambung lampu LED yang putus harus dilakukan dengan berhati-hati. Kita tidak boleh melakukan kesalahan dalam memposisikan antar kutub karena dapat menimbulkan kerusakan dan lampu LED tidak akan menyala. Ketika kita akan menghubungkan LED strip dengan kabel, kita dapat memanfaatkan adaptor khusus atau disolder secara langsung pada bagian tembaga kutub + dan kutub – yang ada pada lampu LED strip.

Ketahui:

Cara menyambung lampu LED ke listrik yang berikutnya adalah dengan menyambungkan kabel pada steker listrik. Proses penyambungan steker yang benar menyebabkan lampu LED strip dapat menyala. Guna memudahkan proses menyalakan dan mematikan lampu LED, kita dapat memanfaatkan steker dengan switch yang terpisah. Switch yang terpisah tersebut memudahkan kita dalam menyalakan dan mematikan lampu LED. Itulah penjelasan mengenai cara untuk menyambungkan lampu LED strik ke listrik.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.