Cara Memasang Lampu LED Indikator Pada Saklar On Off

1 min read

cara memasang lampu led pada saklar on off

Cara memasang lampu LED pada saklar on off yang baik dan benar sangat diperlukan agar terhindar dari kesalahan pemasangan. Lampu LED yang menempel pada saklar nantinya memberikan informasi kepada kita mengenai keberadaan aliran listrik yang ada pada saklar. Cara pasang saklar on off lampu LED dapat dilakukan dengan mudah dan tidak memakan banyak waktu. Banyak arahan yang menjelaskan tentang cara pasang LED indikator stop kontak di internet. Kita bahkan akan menemukan penjelasan mengenai cara pasang saklar on off 3 kaki sehingga pengetahuan kita akan cara pemasangan lampu LED semakin kaya.

cara memasang lampu led pada saklar on off

Cara Pasang LED Indikator Stop Kontak yang Tepat

Cara pasang LED indikator stop kontak yang tepat dapat membuat lampu LED dapat bertahan dalam waktu yang lama. Guna membuat lampu LED bertahan dengan lama, kita perlu mengetahui rumus pemasangan. Berikut merupakan rumus memasang lampu LED yang benar:

Cara Pasang LED Indikator Stop Kontak yang Tepat

 

Cara pasang saklar on off lampu LED yang tepat harus didasarkan dari rumus di atas. Dari penjelasan di atas, rangkaian resistor yang benar adalah dengan mengurangi power supply dengan drop voltase LED yang kemudian dibagi dengan arus listrik. Arus listrik yang ideal memiliki ukuran 15 hingga 30 miliamper. Untuk menyambungkan LED ke power supply, berikut langkah yang dapat dilakukan:

  1. Memastikan jika listrik berada dalam keadaan mati sebelum melakukan penyambungan
  2. Memastikan jika tegangan lampu senilai dengan tegangan yang ada pada power supply
  3. Sambungkan kabel. V+ dapat disambungkan dengan kabel berwarna merah dan V- disambungkan pada kabel berwarna hitam

Cara pasang LED indikator stop kontak dengan listrik Ac yang ada di internet sering dimanfaatkan oleh mereka yang membutuhkan informasi tersebut. LED adalah dioda yang mampu memancarkan cahaya ketika dialirkan dengan tegangan listrik. Besar arus listrik yang dapat dialirkan tergantung pada jenis LED. Dengan aliran listrik Ac, cahaya yang dihasilkan oleh lampu LED dapat lebih maksimal.

judul gambar

Cara pasang saklar on off lampu dilakukan dengan satu arah. LED menyala ketika mendapatkan arus listrik yang arahnya benar. Guna mengontrol waktunya lampu LED dapat menyala, kita dapat menghubungkan lampu tersebut ke saklar. Proses penghubungan saklar dengan lampu LED juga perlu menggunakan rumus pemasangan lampu LED.

Baca Juga :

Panduan Cara Pasang Saklar On Off 3 Kaki

Panduan Cara Pasang Saklar On Off 3 Kaki

Cara pasang saklar on off 3 kaki merupakan informasi yang penting ketika kita membutukan stop kontak dengan banyak lubang. Lubang-lubang tersebut nantinya digunakan untuk colokan peralatan listrik yang berada di rumah. Saklar on off tiga kaki merupakan alat andalan yang dapat menghubungkan banyak peralatan rumah tangga. Lampu on off yang ada pada saklar 3 kaki dapat menyala dalam kondisi on dan mati ketika kondisi off.

Cara memasang lampu LED pada saklar on off perlu dipahami dengan baik karena saklar 3 kaki dapat mengalami kerusakan. Kerusakan yang sering terjadi adalah kabel yang terputus dan saklar yang terbakar. Jika terjadi kebakaran pada saklar, kita harus menggantinya dengan saklar yang baru. Berikut ini panduan memasang lampu LED pada saklar:

  1. Membuka skrup atau baut yang ada pada seluruh bagian saklar
  2. Sambungkan kaki saklar pada posisi yang tepat
  3. Sambungkan kaki saklar pada bagian tengah ke stop kontak
  4. Kaki saklar yang posisinya terletak di kode 0 dapat disambungkan ke kabel steker

Demikian pembahasan mengenai cara memasang lampu indikator pada saklar On/Off semoga bermanfaat!

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.