Penyebab Trafo Switching TV Polytron Bunyi Berderik

2 min read

trafo switching tv polytron berderik

Sebagai komponen penting pada sistem TV, trafo switching perlu segera diperbaiki saat terjadi gejala kerusakan. Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah trafo switching TV Polytron berderik. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Simak disini yuk!

Trafo Switching TV Polytron Berderik
Trafo Switching TV Polytron Berderik

Jika Anda mengetahui sistem atau komponen TV, pasti sudah tidak asing dengan benda satu ini. Trafo switching ini memiliki fungsi penting kaitannya dengan power supply. Oleh karena itu, dengan komponen ini juga memiliki fungsi yang sangat penting pada TV.

Baca Juga : Cara Memperbaiki TV Polytron Tidak Ada Suara

Trafo Switching TV Polytron Berderik, Ada Masalah Apa?

Sebelum memahami apa masalahnya, penting untuk mengetahui jika trafo switching adalah salah satu jenis teknologi switching pada power supply. Jenis trafo ini memiliki kelebihan dibanding jenis trafo lainnya.

Transformator switching menggunakan sistem pembangkit frekuensi tinggi yang memiliki efisiensi lebih baik. Jika dibanding dengan trafo yang sistem frekuensinya rendah, maka jenis trafo ini akan membantu sistem kerja TV dengan lebih baik.

Jika trafo switching pada TV Polytron mengeluarkan bunyi berderik, apa masalah yang terjadi? Nah, berikut adalah beberapa penyebab trafo switching TV berderit dan cara mengatasinya!

1. Penyebab Trafo Switching TV Polytron Berbunyi

Pada dasarnya, ada beberapa masalah yang menyebabkan terjadinya masalah pada trafo switching pada TV, apa sajakah itu?

  • Output regulator mendapatkan beban berat sehingga menyebabkan tegangan tidak stabil.
  • Salah satu diode output regulator mengalami keadaan short, sehingga terjadi masalah pada elco

Kedua penyebab tersebut juga bisa mengakibatkan power supply TV LED Polytron bunyi berderik maupun mencuit.

Baca Juga :

2. Cara Mengatasi Trafo Switching TV Polytron Berbunyi

Cara Mengatasi Trafo Switching TV Polytron Berbunyi
Cara Mengatasi Trafo Switching TV Polytron Berbunyi

Jika mendapati TV Polytron Anda bermasalah, seperti bunyi berderik atau mencuit, maka segera lakukan pengecekan untuk mengatasi permasalahannya. Berikut ini adalah tips yang bisa anda ikuti untuk mengatasi masalah pada TV Polytron regulator.

  • Matikan sambungan listrik ke TV jika ingin melakukan perbaikan atau pengecekan kondisi TV. Sangat berbahaya tentunya jika melakukan pengecekan dengan kondisi TV terhubung arus listrik.
  • Lakukan pengecekan menyeluruh pada komponen TV Polytron regulator mencuit atau berderik. Pengecekan menyeluruh berfungsi agar berbagai masalah yang terjadi pada TV bisa ditemukan semua, sehingga perbaikannya maksimal.
  • Jika kerusakannya terjadi atau disebabkan oleh IC vertikal yang digunakan oleh TV tersebut. Maka solusinya adalah dengan cara mengganti IC vertikal tersebut dengan IC vertikal yang baru.
  • Jika Anda tidak tahu posisi atau cara memasangnya, Anda bisa memanfaatkan skema TV Polytron. Jika masih belum pas, bisa meminta bantuan dari service TV Polytron.
  • Setelah IC vertikal dipasang, maka nyalakan TV untuk mengecek apakah komponen tersebut sudah dipasang dengan benar atau belum. Jika pemasangannya berhasil, maka TV akan langsung nyala.
  • Namun Jika masih terdengar bunyi berderik pada regulator TV Polytron tersebut. Maka cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencabut steker pada TV terlebih dahulu, agar kerusakannya tidak semakin parah.
  • Itu artinya, pemasangan belum berhasil, Anda perlu membongkar dan pasang ulang. Namun jika dilakukan berkali-kali, bisa menyebabkan kerusakan semakin parah. Oleh karena itu, lebih baik bawa TV anda ke tukang service yang profesional.

Ketahui :

Itulah penyebab dan cara mengatasi kondisi trafo switching TV Polytron berderik dan mencuit. Masalah utamanya memang pada IC regulator TV. Namun ada kemungkinan terjadi kerusakan pada blok lain, jika perbaikan pada IC regulator tidak berhasil dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *