Cara Setting Remot Receiver Parabola Yang Tidak Berfungsi

2 min read

remot receiver tidak berfungsi

Tentunya sangat menyebalkan bukan, ketika Anda sedang asyiknya nonton televisi dengan acara yang seru kemudian remote televisi mendadak tak bisa digunakan. Apa yang kemudian Anda lakukan untuk mengatasinya? Karena pada waktu itu artinya remot receiver tidak berfungsi yang mana harus segera dilakukan perbaikan, salah satunya dengan mencari penyebab tombol receiver tidak berfungsi.

Remot Receiver Tidak Berfungsi

Baca Juga : Cara Setting Remote TV LED Polytron

Cara Mengatasi Remote Receiver Tidak Berfungsi Dengan Tepat

Cara Mengatasi Remote Receiver Tidak Berfungsi Dengan Tepat

Untuk mengetahui apakah remote receiver Anda benar-benar mengalami gangguan adalah dengan mencoba memencet salah satu tombolnya untuk melihat apakah berfungsi atau tidak. Jika ternyata tidak berfungsi, maka itu menunjukkan remote yang digunakan mengalami kerusakan atau eror.

Umumnya solusi yang diambil biasanya adalah dengan melakukan penggantian baterai, mencoba untuk menyalakan atau mematikan tv dari tombol utama atau mengetukkan remote dengan perlahan untuk mengembalikan fungsinya.

Berikut adalah beberapa solusi atau cara mengatasi remote universal yang tak berfungsi.

1. Coba pencet tombol lainnya

Bahwa mungkin saja kerusakan remote universal Anda hanya terjadi di beberapa tombol secara khusus seperti misalnya hanya tombol power, tombol volume dan tombol channel yang paling sering digunakan. Jika hal itu terjadi maka Anda harus membuka remote untuk memperbaiki beberapa tombol tersebut hingga bisa digunakan kembali.

2. Pastikan televisi dalam kondisi menyala

Kemudian pastikan terlebih dahulu bahwa televisi yang Anda gunakan dalam kondisi menyala. Caranya cukup mudah yaitu dengan melihat apakah lampu indikator kecil yang ada di sebelah tombol power menyala atau tidak. Karena remote universal hanya akan berfungsi ketika perangkat tv dalam kondisi menyala.

3. Lakukan pengaturan

Remote universal mungkin saja tidak berfungsi karena belum dilakukan pengaturan sesuai dengan merk televisi yang digunakan. Maka ketika Anda baru saja membeli remote televisi universal, sebaiknya lakukan pengaturan dengan segera sehingga remote bisa langsung digunakan sesuai kebutuhan. Untuk melakukan pengaturan, Anda akan butuh kode khusus yang sesuai dengan merk TV yang digunakan.

4. Periksa baterai remote

Langkah yang berikutnya adalah untuk memastikan remote menggunakan baterai yang mempunyai kecukupan daya. Terkadang hal ini luput dari perkiraan Kita sehingga justru mencari solusi lain yang tak memberikan penyelesaian yang cepat. Pastikan juga untuk melihat apakah baterai terpasang dengan benar atau tidak.

5. Nyalakan ulang televisi

judul gambar

Solusi yang berikutnya salah dengan mencoba untuk menyalakan ulang televisi sebelum mencoba kembali remote universal milik Anda. Beberapa pengguna memberikan pengalaman mereka ketika remote tak berfungsi, mereka mencoba untuk mematikan terlebih dahulu televisi untuk kemudian menyalakan ulang dan menggunakan remote kembali. Dan cara tersebut terbukti efektif untuk mengatasi kendala remote yang tak berfungsi.

6. Periksa sinyal inframerah

Perangkat remote universal bisa berfungsi dengan menggunakan bantuan sinyal inframerah. Maka Anda harus memastikan sinyal inframerah tak terhalang oleh apapun dan sinarnya menyala. Anda bisa mengecek apakah sinarnya berfungsi atau tidak dengan mengambil foto melalui perangkat hp Anda. Jika memang benar sinar inframerah yang menjadi kendala, maka perbaiki hal tersebut maka remote pun akan berfungsi dengan baik kembali.

Jika beberapa cara di atas sudah dilakukan namun remote universal Anda masih tidak berfungsi, maka bisa jadi ada kerusakan yang terjadi pada sensor penerima sinyal remote yang ada di televisi atau receiver milik Anda. Kerusakan juga bisa terjadi karena tombol yang tertekan secara terus menerus yang kemudian berakibat pada terkuncinya remote secara otomatis. Lalu bagaimana cara membuka remot receiver yang terkunci?

Artikel Terkait :

Cara Membuka Remote Receiver yang Terkunci

Cara Membuka Remote Receiver yang Terkunci

Untuk membuka remote universal yang terkunci, Anda harus menggunakan kode reset yang hanya dimiliki oleh setiap merk televisi secara berbeda. Kode reset yang dimiliki untuk televisi tabung dan LED bisa saja berbeda namun bisa saja sama.

Berikut adalah beberapa tahapan untuk membuka kunci yang ada di televisi dengan memakai bantuan remote televisi.

  • Pastikan televisi dalam kondisi menyala
  • Masukkan salah satu kode reset yang dimiliki sesuai dengan merk televisi yang digunakan
  • Kini televisi sudah bisa Anda gunakan seperti biasanya
  • Remote bisa tak berfungsi jika Anda melakukan kekeliruan dalam memasukkan kode reset. Yang mana artinya Anda harus mengulang prosesnya dari awal kembali begitu juga ketika melakukan cara setting remote receiver parabola.

Ketahui :

Itu dia beberapa penyebab remot receiver tidak berfungsi serta cara membuka atau setting remot receiver parabola yang terkunci. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan like Fanpage dan share artikel ini ya …

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.