Cara Setting Remote Receiver TV Universal Tanpa Tombol SET

1 min read

Cara Setting remote Receiver Universal tanpa tombol SET

Buat Anda yang menggunakan TV langganan tentu perlu mengetahui cara pengaturan remote receiver parabola. Namun sering kali, tombol SET pada remote tersebut tidak ada. Lantas, apakah ada cara setting remote receiver universal tanpa tombol set?

Cara Setting Remote Receiver Universal Tanpa Tombol SET

Baca Dulu : Cara Setting Remote TV Universal

Mengenal Tombol Set Pada Remote Receiver

Tombol SET adalah salah satu tombol yang ada pada sejumlah remote receiver. Tombol ini ada di bagian atas, biasanya terletak berdampingan dengan tombol Power. Di atas tombol ini, biasanya akan ada lampu indikator yang akan menyala jika tombol Set tersebut dipencet selama beberapa detik.

Dalam pengaturan kode remote receiver, tombol ini mempunyai fungsi yang cukup krusial. Tanpa adanya tombol SET, sudah pasti kode tidak akan bisa ter-setting secara langsung sehingga remote universal untuk mengatur tombol remote universal tidak dapat berfungsi secara maksimal.

Tombol ini biasanya digunakan bersamaan dengan tombol power meskipun ada beberapa remote yang bisa menggunakan tombol Set sendirian secara langsung. Meski demikian, buat remote yang membutuhkan pengaturan Set dan Power secara bersamaan, maka jika tombol Set tersebut tertekan atau kepencet dengan durasi yang lama, maka akan membuat pengaturan remote menjadi ter-reset.

Baca Juga :

Cara Setting Remote TV Universal Tanpa Tombol Set

Cara Setting Remote TV Universal Tanpa Tombol Set

judul gambar

Remote universal pada dasarnya memang dapat digunakan untuk menyetting tv dan receiver secara mudah, namun sayangnya hampir semua remote universal menggunakan tombol SET sehingga cara setting remote receiver universal tanpa tombol set akan cukup sulit dilakukan.

Bisa dibilang tombol ini merupakan tombol yang selalu ada pada remote universal, meskipun ada juga yang menggantinya dengan tombol Device. Penggunaannya juga tidak jauh berbeda, yakni dengan menekan dan menahan tombol Device dan Power secara bersamaan, kemudian lepaskan setelah ditahan beberapa detik.

Selanjutnya, tekan tombol Power selama 2-3 detik. Jika lampu pada TV mati, maka remote sudah ter-setting dengan baik. Namun jika belum, maka Anda bisa menggunakan beberapa cara sebagai berikut.

1. Menggunakan aplikasi

Anda dapat menggunakan aplikasi Peel Smart Phone. Pasang aplikasi ini pada smartphone Anda, buka aplikasinya, dan ikuti instruksi yang tersedia.

  • Cari merek tv atau receiver yang Anda gunakan
  • Selain mencarinya, Anda juga dapat mengetik merek tersebut secara manual
  • Pilih Next
  • Pencet tombol Power sampai TV atau receiver menyala kembali

2. Memakai remote TV non-universal

Cara lain yang sebenarnya paling mudah adalah dengan menggunakan remote tv non-universal. Artinya, remote ini hanya dapat digunakan pada satu merek tv atau receiver saja.

Bisa juga dikatakan remote bawaan atau original yang akan didapatkan saat melakukan pembelian tv atau receiver. Remote asli ini sudah pasti tidak ada tombol SET karena sudah ter-setting langsung dengan perangkat tv atau receiver tersebut.

Dengan begitu, jika remote asli Anda rusak, maka Anda perlu menggantinya dengan membeli sesuai merek unit tv receiver. Untuk harga, tentu akan sedikit mahal dari remote universal, namun secara konektivitas dan originalitas tentu tidak perlu diragukan kembali.

Ketahui :

Demikian beberapa langkah untuk menyetting remote receiver serta cara setting remote receiver universal tanpa tombol set yang dapat dilakukan secara sederhana. Ada baiknya jika Anda juga melindungi remote receiver tersebut dari gangguan atau risiko yang dapat membuatnya cepat rusak. Jadi, tidak perlu lagi melakukan setting secara manual atau mengganti remote menggunakan perangkat original yang cenderung lebih mahal.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.